22/07/13

Cita (dan) Cita

"Jadi penulis itu gak ada uangnya. Gak ada masa depannya" -Mama

Jujur, waktu pertama kali gue denger itu, gue bener-bener ngerasa 'salah' memilih cita-cita. Gue sedih banget lah ya, cita-cita gue ditolak gitu. Terngiang-ngiang terus kalimat itu di otak gue. Sampai akhirnya, gue ngerasa itu tantangan buat gue. Gue harus bisa bikin Mama gue percaya kalo gue bisa! Lebih tepatnya, ngebuktiin ke Mama, kalo jadi penulis itu ada masa depannya. Ya, kalimat Mama gue itu, gue jadi motivasi.

Sebenernya waktu gue kecil, setiap ditanya soal cita-cita, gue ngejawab jadi Dokter. Cita-cita sejuta anak kecil itumah, hahaha. Ada kali 80% temen-temen SD gue yg 'cita-cita'nya jadi Dokter.

Dan sekitar kelas 3, gue nulis cerpen pertama gue. Waktu itu salah satu guru yang paling deket sama gue ultah, yaudah gue kasih aja cerpen itu buat beliau. Besoknya, beliau bilang cerpen gue bagus (Alhamdulillah). Entah itu serius atau hanya ingin bikin gue seneng doang. Tapi waktu itu, gue bangga banget! Ya, namanya juga anak kecil ya-_-
Mulai saat itu, cita-cita gue ada dua; Penulis dan Dokter.

Gue mulai sering nulis cerpen sejak saat itu. Pernah gue bawa cerpen buatan gue ke sekolah, dan teman-teman gue baca. Mereka nangis! Serius! Ada bekas air mata mereka di buku tulis, yang gue jadiin buku kumpulan cerpen karya gue.  Ceritanya emang sedih, tapi biasa aja menurut gue (sewaktu gue baca lagi ceritanya disaat umur gue sekarang). Tentang dua sahabat yang dekeeeet banget, tapi sahabat yang satunya sakit dan meninggal. Mungkin, next time bakal gue post di sini.

Waktu itu gue bener-bener yang seneng banget. Rasanya puas bisa ngeliat pembaca kebawa cerita, sampai nangis gitu. Terharu :")
Temen-temen bilang kalo gue cocok jadi penulis (aamiin) tapi itu berlebihan sih kalo menurut gue-_-
Yaa gue aamiin-in aja semua doa yang baik-baik.

Gue juga seneng banget, waktu puisi karya gue dipilih buat dibacakan saat acara pelepasan kelas 6 (saat itu gue kelas 4/5, lupa). Gue bareng Lia, temen gue yang membacakan puisi itu. Gue udah lupa isinya gimana, seinget gue tentang jasa seorang guru gitu. Saat tampil membacakan puisi buatan gue sendiri, rasanya gue bangga banget. Suara gue sampai bergetar (gue masih inget hehe) saat ngebacain. Walaupun yang dateng ke acara itu cuma keluarga dari kakak-kakak kelas gue, gue tetep ngerasa bangga :")

Gue juga histeris saat cerpen gue ada di majalah sekolah gue, Majalah Ekspresi 9. Sebenernya sih gampang buat masukin cerpen ke majalah, apa lagi gue termasuk redaksi majalah itu. Tapi teteplah ya seneng bukan main. Itu cerpen pertama gue yang dicetak di media. Dan (InsyAllah) dibaca banyak orang (siswa & guru di sekolah gue, SMPN 9 Jakarta). Oya, ada cerita di balik penulisan cerpen itu. Hmm nanti bakal gue post cerpen itu plus ceritanya :D (Update: baca cerpen gue di sini)

Sampai sekarang, cita-cita gue untuk menjadi Dokter telah 'gugur'. Gak tau juga sih, kenapa bisa gitu. Tapi menurut gue, jadi apapun nanti, entah 'ada' uangnya ataupun 'engga', tetap lakukan dengan hati, dengan sungguh-sungguh, dan ikhlas. Semua orang udah ada jalan dan rezekinya masing-masing. Dan pasti, apa yang Allah berikan untuk kita, adalah yang terbaik. Karena hanya Dia yang tau, apa yang terbaik untuk hambanya.

   Kejar dan raih cita-citamu

Calon penulis sukses,
Dinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk komentarnya :)

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES