06/06/15

Hidup Itu Pilihan


Hidup itu pilihan

Sama seperti saat aku dan kamu memilih untuk bersama di sini

Hidup itu pilihan

Sama seperti saat aku dan kamu memilih untuk berjuang di waktu itu

Hidup itu pilihan

Sama seperti ketika kamu memilih goyah, sedangkan aku (malah) memilih untuk bertambah kuat

Hidup itu pilihan

Sama seperti saat kamu memilih untuk pergi, meninggalkan aku dengan sejuta mimpi kita yang pernah kita rajut bersama



**

Aku masih ingat betul saat pertama aku melihatmu. Hari itu senior kita memanggilmu maju ke depan, mengatakan bahwa kamu cantik sekali dengan rambut bondolmu itu. Aku terpesona, meskipun aku seorang putri. Tapi aku melihat ada hal yang aneh di sorot matamu, terlihat berbeda.

Sampai pada akhirnya kita berada di satu pasukan, pasukan 8, kau ingat? Kita tidak pernah benar-benar mengenal, hanya saling tahu nama. Kau berada di shaf 1 banjar 2, sedangkan aku berada di shaf 2 banjar 3. Kau tahu? Aku dan putri-putri lainnya sangat ingin berada di posisi yang kau tempati. Menjadi pembawa baki pada upacara peringatan hari kemerdekaan, meskipun hanya di sekolah, tapi siapa yang tak ingin? Menjadi putri tercantik sampai-sampai harus memakai bulu mata palsu dan menjadi pusat perhatian dari seluruh peserta upacara pada saat itu.

Aku senang, kamu tetap bertahan sampai sejauh ini. meskipun pada akhirnya kamu sedikit menjauh dan lama-lama sangat jauh dari kami. Entah apa yang terjadi, karena kamu tidak pernah ingin membuka mulut dan menumpahkan segala ceritamu kepada kami.

Hingga tak terasa, sudah hampir satu tahun berlalu dari waktu pertama kali aku melihatmu. Kamu datang –dengan dipaksa, tentu saja—saat kami sedang memperjuangkan tanggung jawab kami. Namun, kamu datang hanya untuk mengutarakan pilihanmu, meninggalkan kami. Hei, apa yang ada di pikiranmu? Kita bersama selama satu tahun ini! kamu menjadi satu-satunya putri yang diberi kepercayaan untuk membawa papan kayu seberat hampir 4 kilogram yang dibalut kain beludru hitam dengan bordiran garuda berwarna emas, untuk meletakan bendera kebanggaan kita, merah putih itu. Semua putri ingin mendapatkan kepercayaan itu, termasuk aku.

Rasanya ingin marah, tapi siapa kami? Kami hanya “mantan” keluarga bagimu. Rasanya ingin menangis, tapi kami sadar, air mata ini sudah kering sejak lama, menangisi hatimu yang tak kunjung melunak untuk kami. Rasanya ingin memaki keluarga barumu, tapi kami sadar, mungkin memang di sana tempatmu, keluarga yang tepat untukmu. Sekali lagi, hidup itu pilihan.

Untuk temanku, teman kami, keluarga kami, percayalah, jauh di dalam hati kami, kami tetap sayang padamu, kami tempatmu kembali, karena kami keluargamu.





Tertanda,

(masih) keluargamu



**

Ditulis dengan berlinang air mata, bukan karena cengeng, tapi karena rasa kecewa yang teramat karena sudah dicampakkan padahal dia selalu diperjuangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk komentarnya :)

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES